Kamis, 15 Maret 2018

Cara Cepat Mengeringkan Luka Operasi

Operasi atau pembedahan merupakan hal yang umum dilakukan dalam kehidupan, biasanya semua bagian tubuh bisa dioperasi apabila ditemukan kendala pada bagian tersebut.

Seperti misalnya salah satu tema saya yang perutnya dioperasi akibat penyakit usus buntu, ada juga wanita-wanita yang susah melahirkan, kemudian menjalani operasi caesar (sesar) untuk memudahkan cara mereka melahirkan anak.

Cara Cepat Mengeringkan Luka Operasi

Terdapat banyak jenis penyakit yang harus dioperasi, diantaranya adalah kanker, miom, kista, wasir ambeien dan berbagai jenis operasi lainnya. Setelah melakukan operasi, tentunya akan muncul luka bekas operasi / sayatan pada bagian tubuh yang dioperasi.

Nah tahapan penyembuhan luka bekas operasi inilah yang membutuhkan waktu relatif lebih lama dibanding dengan prosedur operasi.

Untuk itu, disini kami bermaksud untuk memberikan informasi mengenai Cara Cepat Mengeringkan Luka Operasi, Tipsnya masih seputar tentang pola makan yang sehat, mengatur istirahat dan berbagai tips lain yang dapat dilakukan di rumah sendiri.

Berikut informasi lengkap mengenai cara menyembuhkan luka operasi agar cepat kering dan tidak berbekas.

Cara Cepat Mengeringkan Luka Operasi

Sahabat sekalian, hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengeringkan luka operasi adalah dengan cara mengatur pola makan.

Terdapat berbagai jenis makanan yang bisa anda konsumsi sebagai obat pengering luka operasi, salah satunya adalah makanan yang mengandung vitamin C dan Flavanoid dalam kadar yang tinggi, makanan yang kaya akan vitamin A dan makanan yang mengandung Zinc serta protein.

Makanan Yang Mengandung Vitamin C & Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid merupakan zat yang bagus untuk membentuk kembali kulit yang luka setelah melakukan operasi.

Kedua zat diatas mampu memperbaiki jaringan ikat pada kulit sehingga menunjang penyembuhan luka lebih cepat, berikut daftar makanan kaya akan vitamin C & Flavonoid yang bagus untuk luka operasi.

Blueberry

Buah untuk mengeringkan luka operasi bernama blueberry ini mengandung banyak flavonoid, jika anda ingin mengeringkan luka operasi usus buntu atau ambeien, maka blueberry adalah buah yang paling pertama disarankan untuk anda.

Disamping melancarkan proses penyembuhan luka, blueberry juga syarat antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah penurunan daya ingat otak dan mencegah infeksi saluran kencing.

Teh Hijau

Apakah anda minum air teh hijau setiap hari ? - Jika benar, maka lanjutkanlah kebiasaan sehat anda ini. Fakta mengungkapkan bahwa teh hijau sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka operasi lho...

Hal ini disebabkan kandungan flavonoid yang tertimbun didalamnya. Disamping itu, teh hijau juga dapat mencegah penyakit kanker payudara jika dikonsumsi secara teratur.

Coklat

Makanan manis ini juga banyak mengandung flavonoid, jika suka makan coklat saat sehat maka tidak ada salahnya anda juga memakan coklat ketika anda sakit setelah melakukan operasi.

Coklat dapat meningkatkan gairah dan semangat anda. Cara konsumsinya adalah dengan menyeduh coklat yang sudah bubuk menggunakan air hangat.

Makanan Ber-Vitamin A

Salah satu vitamin yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka adalah vitamin A, Setelah melakukan pembedahan atau operasi, anda disarankan untuk mengobati luka dengan rutin memakan makanan yang mengandung vitamin A, berikut daftarnya :

Wortel

Siapa sangka bahwa wortel dapat mengobati luka bekas operasi ? - Namun faktanya memang begitu, karena wortel mengandung vitmain A dalam kadar yang cukup tinggi.

Selain berguna untuk mengeringkan luka operasi, wortel juga bagus untuk kesehatan darah, pengobatan mata minus dan berbagai gangguan kesehatan wanita seperti nyeri haid.

Bayam

Selain mengaudng kalsium, bayam juga kaya akan vitamin A (49%), proses penyembuhan luka setelah operasi dapat semakin cepat apabila anda rutin mengonsumsi bayam.

Sayuran sehat ini sangat dianjurkan sebagai tambahan nutrisi harian anda.

Olahan Susu

Yogurt adalah olahan susu yang sangat bagus untuk tubuh, kandungan Vitamin A dalam susu dapat membantu proses luka operasi cepat kering dan tidak berbekas.

Susu rendah lemak lebih disarankan untuk anda dibanding susu berlemak tinggi.

Makanan Kaya Zinc

Selain makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A dan Flavonoid, anda juga disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan Zinc. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Kepiting

Jika anda tidak memiliki alergi terhadap makanan laut, kepiting sangat disarankan agar anda makan setiap dua kali dalam seminggu. Kepiting kaya akan zinc yang mampu mempercepat penyembuhan luka secara alami.

Jamur

Jamur crispi atau jamur yang di goreng kering adalah cemilan sehat setelah melakukan operasi, jamur juga kaya akan zinc, makan jamur bisa membantu sembuhkan luka operasi lebih cepat.

Ikan Gabus

Selain mengandung zinc, ikan gabus juga kaya akan protein yang dapat mendukung penyembuhan luka lebih cepat. Albumin adalah nama protein yang terkandung dalam ikan gabus.

Anda bisa mengonsumsi walatra albumin kapsul yang merupakan ekstrak ikan gabus berkualitas tinggi untuk membantu penyembuhan luka pasca operasi.

Itulah berbagia cara cepat mengeringkan luka operasi, selain mengonsumsi makanan yang sehat anda juga harus melakukan beberapa hal baik berikut :
  1. Istirahat yang cukup
  2. Menjaga agar luka tetap bersih.
  3. Menghindari aktivitas berat.
  4. Memakai pakaian longgar dan lembut.
Demikian langkah perawatan dan tips pengobatan luka operasi, semoga artikel ini dapat membantu anda dan semoga bermanfaat. Salam Sehat, Thesy.

0 komentar:

Posting Komentar


Top